Pecahan Ombak di Negara Hukum

Indonesia merupakan sebuah negara hukum yang kuat. yang memiliki undang-undang dan juga landasan hukum yang beragam. sehingga setiap persoalan pun di selesaikan secara hukum. baik itu permasalahan tingkat kecil sampai permasalahan tingkat besar. semua persoalan dan permasalahan yang timbul di negara ini pastinya ada hukum yang bisa di ambil untuk menyelesaikan setiap perkara yang muncul. kondisi ini menggambarkan kepada dunia tentang kondisi perumusan dan penerapan hukum yang baik di negeri ini. sehingga kondisi ini menjadi contoh bagi dunia internasional dalam perumusan hukum yang ada. bukan hanya hukum nasional saja yang ada di negara ini. tapi juga sampai ke wilayah pedalaman pun ada hukum yang berlaku atau biasa di kenal dengan hukum adat yang  penerapan dan perumusannya sesuai dengan ketentuan di masing-masing wilayah dan daerah di negeri ini.

Namun keberagaman hukum dan ketentuan yang ada tidaklah terpancar dan terlaksana dengan baik oleh aparat penegak hukum yang ada. Hukum di perjualbelikan oleh oknum. seakan hukum seperti barang yang bisa di perjualbelikan. kondisi ini di perparah lagi dengan minimnya pihak yang berani bertanggung jawab terhadap persoalan hukum ini. seorang pimpinan terus menyodorkan bawahannya sebagai pihak yang bersalah. padahal yang mengambil sumpah adalah sang pimpinan. yang menikmati gaji besar adalah pimpinan, tapi mengapa para bawahan yang terus di persalahkan.

Fenomena mencari kambing hitam pun terus mengakar di negeri ini. sehingga tidak ada pihak yang mau di persalahkan. padahal bukti telah terpampang dengan jelas di depan mata namun selera tanggung jawab hilang seketika di saat harus menanggung semua permasalahan yang timbul. semua ini terjadi karena mekanisme dalam proses pemilihan dan pengangkatan seorang pemimpin di selimuti kecurangan di dalamnya. ini menjadi sebuah gambaran di negeri kita. Jabatan yang di dapat bukan dijadikan sebuah tanggung jawab tapi dijadikan lumbung memperkaya diri dengan semua penghasilan yang didapatkan dari sebuah jabatan. konsep memperkaya diri ini menjadi sebuah amino seseorang untuk menjadi seorang pemimpin.

Negeri ini mulai di krokoti virus-virus yang merugikan rakyat. Kepercayaan yang rakyat berikan kepada pemimpin-pemimpin yang ada pun mulai krisis. ini ditandai dengan kekecewaan rakyat terhadap proses penegakan hukum di negeri ini. rakyat banyak yang heran dengan keputusan-keputusan hukum yang di putuskan oleh seorang hakim.  bahkan setelah putusan sebuah hukuman dari hakim, maka muncul pengajuan banding lagi terhadap putusan yang telah di ketuk palu. ini menggambarkan krisis keadilan yang ada. dimana hukum/keadilan selalu berpihak kepada orang-orang yang memiliki uang lebih. sehingga uang menjadi pendingin dari segala putusan hukum yang ada.

Semua hukum di negeri ini ditata dengan sangat rapi dan implementasinya pun disusun dengan sangat rapi. bak sebuah skrenario dalam sinetron yang disusun untuk bisa dijalankan oleh pihak yang memiliki uang. Hukum seakan hanya melihat seberapa banyak uang yang disodorkan. negeri ini semakin banyak pecahan-pecahan rupiah yang mengalir untuk bisa menghapus jejak pelanggar hukum. hukum sepertinya tidak memihak kepada rakyat kecil, padahal rakyat kecillah yang menjadikan hukum itu ada  dan dirumuskan oleh pemimpin-pemimpin yang diutus oleh rakyat.

Apakah rakyat terus dipersalahkan dengan kondisi negeri yang seperti ini? Apakah harus selalu rakyat kecil yang menanggung semua kesalahan para pemimpin di negeri ini? Dimanakah hukum sebenarnya berada untuk bisa berdiri bebas dan terhindar dari setiap tiupan angin yang menyejukkan?

Hanya sebuah harapan kecil yang bisa muncul untuk negeri ini. negeri yang sangat dicintai ini harus menjadi negeri yang bisa belajar dari laut yang selalu bersih dan tidak menerima kayu dari gunung untuk menetap lama di laut. seperti gelombang yang terus bekerja untuk mengangkut kayu ke tepian pantai sehingga laut senantiasa bersih dari setiap yang mengotorinya. hukum harus menjadi seperti ombak yang besar yang mampu menenggelamkan setiap orang walaupun orang itu pandai berenang. semoga hukum di negeri ini tidak terpecah dan hanya menghantam rakyat yang tidak ber duit banyak. Semoga.



Komentar

Postingan Populer